Langsung ke konten utama

Apa sih Budaya Itu?



            Budaya adalah cara bertindak dan berfikir, yang membentuk individu dengan jalan hidup budaya tersebut. Setiap manusia di dunia memiliki beragam cara untuk mengekpresikan gaya hidup mereka. Budaya juga menimbulkan rasa keadilan, cinta tanah air, dan persatuan dalam diri kita.
            Guna mengetahui makna suatu budaya tersebut kita harus mempertimbangkan kedua pemikiran yang berbeda. Yang bukan materi budaya adalah gagasan diciptakan oleh anggota dari masyarakat, gagasan – gagasan yang berkisar dari seni. Sebalianya jika budaya materi adalah benda fizikal yang diciptakan oleh anggota dari mayarakat. Kesimpulannya adalah manusia lah bergantung pada budaya dan pemikirannya untuk membuat jalan kehidupannya dan kelangsungngan hidupnya ( Harris, 1987; Morrel, 2008)
            Istilah “budaya” lebih kepada suatu cara hidup bersama. Suatu bangsa adalah suatu entitas politik, suatu batas wilayah seperti Amerika Serikat, Kanada, Peru, atau Zimbabwe..
            Salah satu indikator terpenting dari budaya adalah bahasa. Hampir semua budaya menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan setiap individu atau kelompok. Para ahli bahasa menafsir hampir 7000 bahasa yang ada di dunia dan dalam berbagai budaya.

SIMBOL
            Manusia membutuhkan simbol untuk berkomunikasi. Suatu simbol membawa maksud tertentu di berbagai budaya. Contohnya seperti sebuah dinding dilapisi graffiti, sebuah flashin lampu merah, itu beberapa simbol, dan masih banyak lagi simbol – simbol yang lainnya. Simbol juga bisa memanipulasi tiap makna berbeda. Seperti berkedip mata, dapat menyampaikan ke dalam suku bangsa, pemahaman, atau menghina. Tetapi kita disarankan untuk memahami arti dari simbol – simbol yang telah ada.. Arti simbolik juga berbeda – beda dalam tiap masyarakat.

BAHASA
            Bahasa adalah kunci dunia dari budaya, untuk memudahkan tiap orang agar bisa berkomunikasi satu sama lainnya. Manusia telah menemukan barisan abjad untuk mengekspresikan ratusan bahasa untuk kita membantu bicara. Bahkan aturan untuk menulis di berbagai negara berbeda. Kebanyakan orang barat menulis dari kiri ke kanan, tetapi orang Utara Afrika dan Asia Timur menulis dari bawah ke atas. Di dunia yang orang – orang paling banyak menggunakan Bahasa Inggris, Cina , dan Spanyol. Bahasa adalah kunci yang membuka abad dalam dunia.
            Masih, sekitar 14% dari AS dewasa (lebih dari 30 juta orang) yang buta huruf, tidak dapat membaca dan menulis dalam sebuah masyarakat yang semakin tuntutan keterampilan seperti di negara berpenghasilan rendah dari dunia, 15% dari orang dan 24% perempuan buta huruf (AS  Departemen Pendidikan, 2008; Penduduk Referensi Biro, 2011).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anton Tewas Dilumpuhkan Polisi di Lokasi Ledakan Sidoarjo

membaca dari detik.com Satu orang tewas di lokasi ledakan bom di rusunawa Wonocolo, Taman, Sidoarjo malam ini. Dia dilumpuhkan polisi karena mengancam. Ia beratasnama Anton membawa sesuatu yang kemungkinan bisa diledakkan. Ledakan di rusunawa Wonocolo Taman mengakibatkan 5 korban. Dua sudah dibawa ke rumah sakit, 3 masih di lokasi. Penghuni rusunawa dievakuasi.

All About Jin

1.     Jin adalah visual BTS 2.     Jin pandai berbahasa China 3.     Walau ia adalah member tertua, namun wajahnya seperti maknae 4.     Dia juga dikenal dengan Traffic Dancenya yang keren 5.     Role model atau idol panutannya adalah T.O.P BIGBANG. 6.     Di BTS, Jin paling dekat dengan V 7.     Jin suka melakukan aegyo 8.     Suga pernah mengatakan bahwa Jin sangat tampan sampai dia bertanya-tanya apakah dia akan ‘okay’ untuk berada di grup sekecil BTS kala itu. 9.     Jin bisa bermain piano dan gitar 10. Jin dan Jimin suka pergi ke gym bersama-sama. 11. Dia punya seekor anjing yang diberi nama Jjanggu. 12. Teman sekamar Jin adalah Suga 13.  Apabila Jin seorang perempuan, dia akan memacari Jimin, karena dia pemalu dan orang seperti Jimin akan membantunya menjadi lebih terbuka dan supel

Bambam GOT7

Nama aslinya adalah Kunpimook Bhuwakul. Dikenal dengan nama Bambam yang merupakan Vokal, Lead rapper, dan Lead dancer yang lahir 2 Mei 1997 ini berasal dari Thailand. Berikut fakta-fakta Bambam: 1.       Ia termasuk line member asing bersama Jackson dan Mark, Bambam brasal dari Thailand 2.       Ia sudah lolos audisi global yang digelar JYP pada tahun 2007 namun ia tidak bisa menjadi trainee karena umurnya baru 10 tahun. Lalu, pada tahun 2010 ia direkrut kembali oleh JYP dan menjadi trainee selama 3,5 tahun. 3.       Dari kecil, ia dipanggil temn-temannya dengan sebutan Bambam. Hingga sekarang bahkan ia tetap menggunakan nama panggungnya tersebut. 4.       Selain bahasa Thailand, Ia juga fasih bahasa Inggris, Korea, Jepang. Selain itu ia hobi mendengarkan musik dan menari 5.       Ia sangat mengidolakan G-Dragon Big Bang 6.       Ia dijuluki memberber paling fashionable di GOT7 7.       Ia member yang sangat aktif di sosial media. Ia bahkan sangat tahu   tentang mas