Langsung ke konten utama

Belajar Geografi Yuk!



Ikatan Geografi Indonesia yang kemudian sering singkat sebagai IGI ini merupakan persatuan para peminat Ilmu Geografi. Organisasi ini merupakan organisasi profesi yang bertaraf nasional di Indonesia. IGI dibentuk di Jakarta pada tahun 1967. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk memajukan dan mengembangkan ilmu serta profesi geografi yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.
Sampai saat ini perkembangan organisasi mengalami dinamika yang cukup kuat. Salah satu pergolakan sejarah yang sangat kuat yakni pada dekade 1960an, sempat beredar isu bahwa Ilmu Geografi akan dihapuskan dari ruang pendidikan di Indonesia. Menanggapi pergolakan tersebut, maka kemudian para tokoh Geograf Indonesi berusaha mempertahankan dengan melakukan eksistensi diri dalam Pembangunan Indonesia. Usaha tersebut kemudian ditandai dengan berdirinya Fakultas Geografi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tanggal 1 September 1963.
Dinamika perkembangan Ilmu Geografi di Indonesia bukan hanya sampai disini saja, Salah satu kegiatan dari organisasi ini yang kemudian menghasilkan sebuah karya dan dipergunakan sampai saat ini yakni kesepakatan dari definisi Ilmu Geografi melalui seminar dan lokakarya di Semarang tahun 1988. (Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan).
Setelah dinamika pada era dekade tahun 1990 an tersebut, kemudian kepengurusan Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dilanjutkan dengan mengangkat Prof. Dr. Sutikno, M.Sc sebagai Ketua Umum IGI Periode 1998-2002 dan kemudian dilanjutkan pula pada Periode 2002-2006. Pada tahun 2006 kemudian dilaksanakan Kongres III IGI yang menetapkan Ketua Umum terpilih yakni Prof. Dr. Suratman, M.Sc. Beliau memimpin organisasi ini mulai dari periode 2006-2010, yang dilanjutkan pada periode 2010-2014 melalui Kongres IV IGI di Unesa Surabaya.
Pada kepengurusan periode ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan. Diantaranya adalah Pekan Ilmiah Tahunan yang kemudian sering disebut sebagai PIT IGI yang dilenggarakan rutin setiap tahun. Selama periode kepengurusan 2006 sampai sekarang ini terdapat beberapa pertemuan PIT IGI yakni diantaranya:

Tahun 2007 ke-10 di Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Tahun 2008 ke-11 di Universitas Negeri Padang (UNP)
Tahun 2009 ke-12 di Universitas Negeri Makassar (UNM)
Tahun 2010 ke-13 di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sekaligus Kongres ke-3 IGI
Tahun 2011 ke-14 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Singaraja, Bali
Tahun 2012 ke-15 di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Surakarta
Tahun 2013 ke-16 akan diselenggarakan di Universitas Negeri Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Ketua Umum IGI, Prof. Dr. Suratman Worosuprojo, M.Sc., menjelaskan bahwa diskusi tersebut digelar dalam rangka pengembangan mata pelajaran Geografi pada kurikulum 2013 yang diajarkan kepada siswa jurusan Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) Sekolah Menengah Atas (SMA).
Mata Pelajaran Geografi diyakini mampu membentuk jiwa wawasan nusantara, cinta dan bela wilayah. Disamping itu, Geografi lebih menitikberatkan pada pematangan substansinya yang mengarah kepada pengembangan keilmuan geografi yang diintegrasikan pada pembelajaran karakter dan agama serta menanamkan nilai-nilai kekinian tentang isu yang berkembang di lingkungan. “Dalam pertemuan ini akan dibahas pentingnya Geografi diajarkan pada semua SMA,” imbuh Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut.
Lebih lanjut Prof. Ratman berharap pertemuan tersebut dapat memberikan masukan untuk perbaikan mata pelajaran Geografi pada Kurikulum 2013 mengingat pada bulan Maret 2013 akan dikeluarkan Buku Babon Guru yang berisi Silabus, Panduan Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran serta Buku Teks Pelajaran. “Kita dapat memberikan masukan untuk perbaikan mata pelajaran Geografi pada pemerintah pusat sebelum bulan Maret 2013”, tegasnya.
Hasil yang sudah didapat pada pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti pada pertemuan berikutnya yang akan membahas tentang indikator pada silabus pelajaran Geografi tingkat menengah di Universitas Gadjah Mada pada tanggal 9 Februari 2013.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anton Tewas Dilumpuhkan Polisi di Lokasi Ledakan Sidoarjo

membaca dari detik.com Satu orang tewas di lokasi ledakan bom di rusunawa Wonocolo, Taman, Sidoarjo malam ini. Dia dilumpuhkan polisi karena mengancam. Ia beratasnama Anton membawa sesuatu yang kemungkinan bisa diledakkan. Ledakan di rusunawa Wonocolo Taman mengakibatkan 5 korban. Dua sudah dibawa ke rumah sakit, 3 masih di lokasi. Penghuni rusunawa dievakuasi.

All About Jin

1.     Jin adalah visual BTS 2.     Jin pandai berbahasa China 3.     Walau ia adalah member tertua, namun wajahnya seperti maknae 4.     Dia juga dikenal dengan Traffic Dancenya yang keren 5.     Role model atau idol panutannya adalah T.O.P BIGBANG. 6.     Di BTS, Jin paling dekat dengan V 7.     Jin suka melakukan aegyo 8.     Suga pernah mengatakan bahwa Jin sangat tampan sampai dia bertanya-tanya apakah dia akan ‘okay’ untuk berada di grup sekecil BTS kala itu. 9.     Jin bisa bermain piano dan gitar 10. Jin dan Jimin suka pergi ke gym bersama-sama. 11. Dia punya seekor anjing yang diberi nama Jjanggu. 12. Teman sekamar Jin adalah Suga 13.  Apabila Jin seorang perempuan, dia akan memacari Jimin, karena dia pemalu dan orang seperti Jimin akan membantunya menjadi lebih terbuka dan supel

Bambam GOT7

Nama aslinya adalah Kunpimook Bhuwakul. Dikenal dengan nama Bambam yang merupakan Vokal, Lead rapper, dan Lead dancer yang lahir 2 Mei 1997 ini berasal dari Thailand. Berikut fakta-fakta Bambam: 1.       Ia termasuk line member asing bersama Jackson dan Mark, Bambam brasal dari Thailand 2.       Ia sudah lolos audisi global yang digelar JYP pada tahun 2007 namun ia tidak bisa menjadi trainee karena umurnya baru 10 tahun. Lalu, pada tahun 2010 ia direkrut kembali oleh JYP dan menjadi trainee selama 3,5 tahun. 3.       Dari kecil, ia dipanggil temn-temannya dengan sebutan Bambam. Hingga sekarang bahkan ia tetap menggunakan nama panggungnya tersebut. 4.       Selain bahasa Thailand, Ia juga fasih bahasa Inggris, Korea, Jepang. Selain itu ia hobi mendengarkan musik dan menari 5.       Ia sangat mengidolakan G-Dragon Big Bang 6.       Ia dijuluki memberber paling fashionable di GOT7 7.       Ia member yang sangat aktif di sosial media. Ia bahkan sangat tahu   tentang mas