Langsung ke konten utama

IKLIM KOMUNIKASI: DASAR DARI HUBUNGAN PRIBADI (1)



Iklim komunikasi adalah perasaan keseluruhan atau suasana hati emosional diantara orang-orang, yang meliputi hangat atau dingin, aman atau cemas, menerima atau menolak, terbuka atau dijaga, hal tersebut terbentuk oleh interaksi verbal dan nonverbal antara orang-orang.  
Ada empat faktor yang sangat penting untuk membangun dan mempertahankan hubungan memuaskan adalah: investasi, komitmen, kepercayaan, dan kenyamanan dengan dialektika relasional.

A.   INVESTASI
Investasi adalah apa yang kita masukkan ke dalam hubungan yang tidak bisa kita kembalikan jika hubungan itu akan berakhir. Dalam berinvestasi, maka yang kita harapkan adalah sebuah keutungan. Untuk menuai keuntungan, kita harus tetap menjaga hubungan tersebut. Untuk saling menguntungkan, dibutuhkan investasi yang setara. Kita dapat memberikan investasi untuk pasangan kita dan mendapatkan balasan untuk tercipta hubungan yang saling menguntungkan

B.   KOMITMEN
Komitmen adalah keputusan untuk tetap dalam suatu hubungan. Dalam hubungan berkomitmen, mitra berasumsi bahwa mereka akan terus bersama-sama. Komitmen akan mendatangkan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Akan ada banyak investasi yang harus dikeluarkan oleh pasangan tersebut. Masing-masing harus memberi banyak perhatian, waktu, uang, dan juga untuk saling menjaga.

C.   KEPERCAYAAN
Kepercayaan biasanya tidak datang secara tiba-tiba, melainkan datang dari waktu ke waktu. Salah satu alasan kepercayaan sangat penting untuk hubungan adalah bahwa hal itu memungkinkan kita untuk mengambil risiko bersama orang lain. Kita membuka diri kepada orang lain hanya jika kita merasa kita bisa mengandalkan mereka untuk melindungi kepecayaan kita dan tetap peduli.
Self-Disclosure bisa membangun dan mencerminkan kepercayaan antara orang. Pengungkapan diri adalah kesengajaan membuka informasi pribadi tentang diri kita sendiri bahwa orang lain tidak mungkin untuk menemukan dengancara lain.

D.   KENYAMANAN DENGAN DIALEKTIKA RELASIONAL
Para peneliti membagi dialektika relasional menjadi tiga, yaitu:
a.    Otonomi dan Keterikatan
Setiap hubungan pasti suatu waktu akan mengalami sebuah ketegangan, yaitu adanya keinginan untuk mandiri atau terhubung.
b.    Hal yang Baru dan Hal yang dapat Diprediksi
Ingin mencari kenyamanan atas stabilitas atau adanya suatu perubahan atau pembaruan dalam suatu hubungan.
c.    Keterbukaan dan Ketertutupan
Suatu ketegangan yang terjadi akibat adanya keinginan untuk berkomunikasi secara terang-terangan membuka semua informasi pribadi pada pasangan
d.    Negosiasi Ketegangan Dialektis
Baxter (1990) telah mengidentifikasi empat metode mitra hubungan dalam menangani ketegangan yang menentang kebutuhan. Diantaranya yaitu:
1.  Neutralizationyaitu suatu ketegangan yang diselesaikan dengan menegosiasikan keseimbangan diantara dua kebutuhan dialektis
2.  Selection yaitu dimana lebih diutamakan satu kebutuhan dialektis dan mengabaikan yang lain
3.  Separation yaitu menetapkan salah satu kebutuhan dialektis dalam suatu hubungan dan menentang kebutuhan dialektis aspek lain dari hubungan.
4.  Reframing yaitu strategi untuk menata ulang dimana mitra hubungan mengartikan perbedaan-perbedaan yang bertentangan dan perselisihan yang mereka hadapi agar adanya kepahaman satu sama lain yang dapat meningkatkan keintiman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anton Tewas Dilumpuhkan Polisi di Lokasi Ledakan Sidoarjo

membaca dari detik.com Satu orang tewas di lokasi ledakan bom di rusunawa Wonocolo, Taman, Sidoarjo malam ini. Dia dilumpuhkan polisi karena mengancam. Ia beratasnama Anton membawa sesuatu yang kemungkinan bisa diledakkan. Ledakan di rusunawa Wonocolo Taman mengakibatkan 5 korban. Dua sudah dibawa ke rumah sakit, 3 masih di lokasi. Penghuni rusunawa dievakuasi.

All About Jin

1.     Jin adalah visual BTS 2.     Jin pandai berbahasa China 3.     Walau ia adalah member tertua, namun wajahnya seperti maknae 4.     Dia juga dikenal dengan Traffic Dancenya yang keren 5.     Role model atau idol panutannya adalah T.O.P BIGBANG. 6.     Di BTS, Jin paling dekat dengan V 7.     Jin suka melakukan aegyo 8.     Suga pernah mengatakan bahwa Jin sangat tampan sampai dia bertanya-tanya apakah dia akan ‘okay’ untuk berada di grup sekecil BTS kala itu. 9.     Jin bisa bermain piano dan gitar 10. Jin dan Jimin suka pergi ke gym bersama-sama. 11. Dia punya seekor anjing yang diberi nama Jjanggu. 12. Teman sekamar Jin adalah Suga 13.  Apabila Jin seorang perempuan, dia akan memacari Jimin, karena dia pemalu dan orang seperti Jimin akan membantunya menjadi lebih terbuka dan supel

Bambam GOT7

Nama aslinya adalah Kunpimook Bhuwakul. Dikenal dengan nama Bambam yang merupakan Vokal, Lead rapper, dan Lead dancer yang lahir 2 Mei 1997 ini berasal dari Thailand. Berikut fakta-fakta Bambam: 1.       Ia termasuk line member asing bersama Jackson dan Mark, Bambam brasal dari Thailand 2.       Ia sudah lolos audisi global yang digelar JYP pada tahun 2007 namun ia tidak bisa menjadi trainee karena umurnya baru 10 tahun. Lalu, pada tahun 2010 ia direkrut kembali oleh JYP dan menjadi trainee selama 3,5 tahun. 3.       Dari kecil, ia dipanggil temn-temannya dengan sebutan Bambam. Hingga sekarang bahkan ia tetap menggunakan nama panggungnya tersebut. 4.       Selain bahasa Thailand, Ia juga fasih bahasa Inggris, Korea, Jepang. Selain itu ia hobi mendengarkan musik dan menari 5.       Ia sangat mengidolakan G-Dragon Big Bang 6.       Ia dijuluki memberber paling fashionable di GOT7 7.       Ia member yang sangat aktif di sosial media. Ia bahkan sangat tahu   tentang mas