Langsung ke konten utama

Batasan Suara Dibalik Emansipasi Wanita



Gender adalah ciptaan Tuhan yang sama, tanpa kurang atau lebih dan diharapkan sama-sama bertindah sesuai dengan ketentuan sosial di tempatnya. Walau begitu, masih terasa kental bagaimana wanita yang dipandang rendah oleh lelaki, bagaimana mereka menganggap bahwa wanita harus selalu di bawah dengan kata lain “mau jadi pesuruh”. Bagaimana para wanita tidak boleh keluar rumah, tidak boleh mendapatkan pendidikan. Mereka hanya boleh melakukan pekerjaan rumah dan mengurus anak. Padahal faktanya, banyak wanita yang memiliki banyak ide dan prestasi yang seharusnya mereka salurkan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh wanita. Seperti yang kita rasakan di era sekarang, karena emansipasi wanita telah dipelopori oleh Raden Ajeng Kartini yang sangat melegenda dengan bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Karena jasa Raden Ajeng Kartini, di era saat ini bukanlah suatu hal yang tabu apabila wanita keluar rumah, bekerja, bersekolah, bahkan menjadi bos atau pejabat membawahi para laki-laki. Raden Ajeng Kartini sudah membawa perubahan besar, yaitu menuntut hak pendidikan bagi kaum wanita, karena seperti yang kita ketahui jaman dahulu pendidikan bagi perempuan adalah hal yang sangat tabu. Beliau memperjuangkan agar ada kesetaraan gender bagi kaum laki-laki dan perempuan. Bagaimana seorang wanita juga bisa ikut andil dalam bersuara, dalam berapresiasi dan berpendapat di muka umum. Dengan munculnya kesetaraan gender, mulai bermunculan tokoh-tokoh wanita yang memiliki peran penting. Mulai dari dosen, dokter, anggota DPR, hingga Presiden. Salah satu contoh paling nyata adalah para mentri yang dahulu beranggotakan secara keseluruhan laki-laki, dan sekarang banyak didominasi oleh wanita. Bos-bos perusahaan yang seorang CEOnya wanita dan memiliki banyak anak buah laki-laki. Meski begitu, masih ada batasan wanita dalam bertindak. Contohnya dalam agama. Walau wanita dan laki-laki berstatus sama, wanita tetap harus patuh dengan laki-laki apalagi apabila mereka sepasang suami istri. Wanita tetap tidak boleh semena-mena karena menganggap dirinya lebih hebat, dan melupakan statusnya sebagai seorang wanita apalagi seorang istri. Wanita juga tetap harus sadar dengan menjaga lisan mereka karena seorang wanita dipandang dari kelembutan sikap dan perilakunya, tetap dinilai tutur kata dan kesopanannya.
Namun ada masalah lain saat wanita mulai memiliki hak nya masing-masing. Banyak wanita yang lupa dengan kodratnya, dan mereka cenderung lebih berani beraspirasi tanpa memikirkan dampak kepada khalayak. Mereka mengandalkan kalimat “Emansipasi Wanita” dibalik pendpat dan perilakunya. Belakangan ini sedang marak diperbincangkan oleh publik yakni puisi Ibu Sukmawati yang berjudul Ibu Indonesia. seperti inilah cuplikan isi puisi beliau dalam Fashion Week 2018 karya Anne Avantie. “Aku tak tahu Syariat Islam. Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah. Lebih cantik dari cadar dirimu,.....” “........, Aku tak tahu syariat Islam, yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok. Lebih merdu dari alunan azanmu. Gemulai gerak tarinya adalah ibadah. Semurni irama puja kepada Illahi,.....” hal ini menjadi buah bibir karena bagaimana seorang Sukmawati Soekarnoputri, dianggap telah menyepelekan Agama Islam, karena di puisinya jelas tertulis kata yang menjadi kontroversial yakni “syariat islam”, “cadar”, dan “adzan”. Bagaimana ia sebagai seorang wanita, menyinggung wanita lain dengan kata “cadar”nya. Sukmawati berpendapat, bahwa maksud dalam puisi tersebut adalah sebuah kegundahan mengapa budaya islam telah menggeser atmosfir budaya lokal yakni Indonesia. Mengapa budaya Indonesia seperti Jawa yang memakai sanggul, mengapa suara tembang gamelan yang merupakan ciri khas Indonesia harus digantikan oleh atmosfir Islam seperti harus menutup aurat yang notabene merupakan agama terbesar di Indonesia. ia lupa bahwa ia tinggal di Indonesia, dimana sangat tabu dalam membahas agama yang berbau SARA. Padahal, ia adalah seorang pejabat yang memiliki wewenang dalam negara, ia telah memiliki hak nya namun mengapa ia harus menyalahgunakannya sehingga timbul sebuah perpecahan? Bagaimana ia yang notabene seorang sosok inspiratif harus menyinggung SARA yang membuat khalayak merasa kecewa? Kesetaraan gender bagi kaum wanita yang telah diperjuangkan RA Kartini lagi-lagi disalahgunakan dan hak suara tersebut malah berdampak pada perdebatan yang tiada ujungnya. Dan lagi-lagi, wanita yang menjadi sorotan publik. Tidak hanya wanita, kaum laki-lakipun dilarang untuk menyinggung SARA. Hal ini menjadi pembelajaran kedepannya bagaimana cara bersikap dalam sopan santun dan bertindak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anton Tewas Dilumpuhkan Polisi di Lokasi Ledakan Sidoarjo

membaca dari detik.com Satu orang tewas di lokasi ledakan bom di rusunawa Wonocolo, Taman, Sidoarjo malam ini. Dia dilumpuhkan polisi karena mengancam. Ia beratasnama Anton membawa sesuatu yang kemungkinan bisa diledakkan. Ledakan di rusunawa Wonocolo Taman mengakibatkan 5 korban. Dua sudah dibawa ke rumah sakit, 3 masih di lokasi. Penghuni rusunawa dievakuasi.

All About Jin

1.     Jin adalah visual BTS 2.     Jin pandai berbahasa China 3.     Walau ia adalah member tertua, namun wajahnya seperti maknae 4.     Dia juga dikenal dengan Traffic Dancenya yang keren 5.     Role model atau idol panutannya adalah T.O.P BIGBANG. 6.     Di BTS, Jin paling dekat dengan V 7.     Jin suka melakukan aegyo 8.     Suga pernah mengatakan bahwa Jin sangat tampan sampai dia bertanya-tanya apakah dia akan ‘okay’ untuk berada di grup sekecil BTS kala itu. 9.     Jin bisa bermain piano dan gitar 10. Jin dan Jimin suka pergi ke gym bersama-sama. 11. Dia punya seekor anjing yang diberi nama Jjanggu. 12. Teman sekamar Jin adalah Suga 13.  Apabila Jin seorang perempuan, dia akan memacari Jimin, karena dia pemalu dan orang seperti Jimin akan membantunya menjadi lebih terbuka dan supel

Bambam GOT7

Nama aslinya adalah Kunpimook Bhuwakul. Dikenal dengan nama Bambam yang merupakan Vokal, Lead rapper, dan Lead dancer yang lahir 2 Mei 1997 ini berasal dari Thailand. Berikut fakta-fakta Bambam: 1.       Ia termasuk line member asing bersama Jackson dan Mark, Bambam brasal dari Thailand 2.       Ia sudah lolos audisi global yang digelar JYP pada tahun 2007 namun ia tidak bisa menjadi trainee karena umurnya baru 10 tahun. Lalu, pada tahun 2010 ia direkrut kembali oleh JYP dan menjadi trainee selama 3,5 tahun. 3.       Dari kecil, ia dipanggil temn-temannya dengan sebutan Bambam. Hingga sekarang bahkan ia tetap menggunakan nama panggungnya tersebut. 4.       Selain bahasa Thailand, Ia juga fasih bahasa Inggris, Korea, Jepang. Selain itu ia hobi mendengarkan musik dan menari 5.       Ia sangat mengidolakan G-Dragon Big Bang 6.       Ia dijuluki memberber paling fashionable di GOT7 7.       Ia member yang sangat aktif di sosial media. Ia bahkan sangat tahu   tentang mas